Membuat Animasi 3D Bola Pantul Dengan Blender


Dalam hal ini yang akan dibuat adalah sebuah bola. Jenis bolanya adalah seperti bola kasti.
Sebelum memulai disarankan kita membuat story boardnya terlebih dahulu. Stori yang akan kita buat dalam hal ini adalah sebuah bola yang di jatuhkan dari atas dan akan memantul dengan posisi yang tidak berubah. Hanya tinggi pantulannya yang akan menurun sedikit demi sedikit. Langsung saj kita mulai.
1.      Buka aplikasi Blender (dalam hal ini penulis menggunakan blender 2.62)

  
 2. Pilih menu add pada menu bar
 3.  Lalu click Mesh à UV Sphere
Akan muncul sebuah bola tridi. Sebelum memulai mengedit di sarankan untuk user perspektifnya di ubah terlebih dahulu dengan front ortho. Front ortho ini menampilkan halaman tampil depan sumbu y dan tampil samping sumbun x sedang tampil atas sumbu z. front ortho ini terlihat dalam bentuk 2D.
Kenapa tampilan 2D padahalkan kita membuat animasi 3D..??
Ini bertujuan untuk memudahkan bagi para pemula dalam mengedit bola 3d. karena terkadang akan agak membinugngkan dalam mengedit gerak bila tidak di front ortho. Untuk mengubah front ortho tekan angka 1 pada keyboard.
Setelah itu kita akan membuat bola terjatuh dari atas. Pantulannya diperkirakan sepertiga dari tinggi awal jatuh. Pada blender default biasanya sudah ada time line untuk mengatur lamanya pergerakan.
4.    Awalnya kita kuci dahulu bola yang ada pada bagian bawah kanan. Kemudian click pada time line atur waktu sesuai selera. Disini setiap 25 fps=1 detik.
5.      Atur ketinggian setiap jatuhan lalu tekan I pada keyboard dan pilih locrotscale (mengunci rotasi dan skala tempat) locscale(hanya skala saja). Lakukan hingga pada titik bola berhenti.
6.      Langsung bisa di run dengan alt+a atau gambar segitiga nyamping di bawah.
7.      Bola akan memantul namun pantulannya belum alami. Maka dari itu perlu di edit pada curve editor yang ada pada gambar segitiga samping kiri bawah pilih curve editor. Atau ubah tampilan default menjadi animasi dengan begitu curve akan terliha pada bagian samping lembar kerja
Tinggal edit sesuka hati, namun perlu diingat pula bahwa bola saat posisi di atas melakukan perlambatan sehingga usahakan melengkung dengan sisi samping kanan dan kiri sama. Jarak pantul dan jarak jatuh sama dari titik tengah atas tertinggi. Maka agar kedua sisi sama tekan S (skala) pada keyboard tarik sesuai keinginan. Saat bola di bawah adalah percepatan, sehingga akan bagus jika di buat lancip.
Selamat mencoba. Contoh hasil dari animasi ini bisa di download di sini

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment