Dalam hal ini yang akan dibuat adalah
sebuah bola. Jenis bolanya adalah seperti bola kasti.
Sebelum memulai disarankan kita membuat
story boardnya terlebih dahulu. Stori yang akan kita buat dalam hal ini adalah
sebuah bola yang di jatuhkan dari atas dan akan memantul dengan posisi yang
tidak berubah. Hanya tinggi pantulannya yang akan menurun sedikit demi sedikit.
Langsung saj kita mulai.
1. Buka
aplikasi Blender (dalam hal ini penulis menggunakan blender 2.62)
2. Pilih
menu add pada menu bar
3. Lalu
click Mesh à
UV Sphere
Akan muncul sebuah bola tridi. Sebelum
memulai mengedit di sarankan untuk user perspektifnya di ubah terlebih dahulu
dengan front ortho. Front ortho ini menampilkan halaman tampil depan sumbu y
dan tampil samping sumbun x sedang tampil atas sumbu z. front ortho ini
terlihat dalam bentuk 2D.
Kenapa tampilan 2D padahalkan kita
membuat animasi 3D..??
Ini bertujuan untuk memudahkan bagi para
pemula dalam mengedit bola 3d. karena terkadang akan agak membinugngkan dalam
mengedit gerak bila tidak di front ortho. Untuk mengubah front ortho tekan
angka 1 pada keyboard.
Setelah itu kita akan membuat bola
terjatuh dari atas. Pantulannya diperkirakan sepertiga dari tinggi awal jatuh. Pada
blender default biasanya sudah ada time line untuk mengatur lamanya pergerakan.
4. Awalnya
kita kuci dahulu bola yang ada pada bagian bawah kanan. Kemudian click pada
time line atur waktu sesuai selera. Disini setiap 25 fps=1 detik.
5. Atur
ketinggian setiap jatuhan lalu tekan I pada keyboard dan pilih locrotscale
(mengunci rotasi dan skala tempat) locscale(hanya skala saja). Lakukan hingga
pada titik bola berhenti.
6. Langsung
bisa di run dengan alt+a atau gambar segitiga nyamping di bawah.
7. Bola
akan memantul namun pantulannya belum alami. Maka dari itu perlu di edit pada
curve editor yang ada pada gambar segitiga samping kiri bawah pilih curve
editor. Atau ubah tampilan default menjadi animasi dengan begitu curve akan
terliha pada bagian samping lembar kerja
Tinggal edit sesuka hati, namun perlu
diingat pula bahwa bola saat posisi di atas melakukan perlambatan sehingga
usahakan melengkung dengan sisi samping kanan dan kiri sama. Jarak pantul dan
jarak jatuh sama dari titik tengah atas tertinggi. Maka agar kedua sisi sama
tekan S (skala) pada keyboard tarik sesuai keinginan. Saat bola di bawah adalah
percepatan, sehingga akan bagus jika di buat lancip.
Selamat mencoba. Contoh hasil dari
animasi ini bisa di download di sini
0 comments:
Post a Comment