Membuat maps peta sederhana dengan macromedia flash 8


1.      Disini akan membuat aplikasi seperti di google Maps. Namun desain kita sendiri. Pertama buka aplikasi macromedia flash dan buat new document. Setelah itu buat size tampilan sesuai keinginan. Dalam percobaan ini penulis membuat size 800x600. Kemudian pada layer  1 buat layer baru dengan cara klik kananàinsert layer
2.      Buat 5 layer dan beri nama masing-masing dengan cara double click pada judul layer menjadi Action, Button, Maping, Map, dan Navigasi. Sebenarnya tidak perlu di rename juga tidak apa-apa, namun untuk mempermudah dalam pengeditan maka disarankan diubah namanya.
3.      Aktifkan layer map dan kunci layer lainnya(fungsinya agar hanya layer map saja yang dapat di edit, sehingga tidak mengubah yang lainnya). Import gambar peta yang berformat .wmf (kalau belum punya cari peta di search engine save lalu buka dengan corel dan eksport dalam bentuk .wmf). Klick Fileàimportàimport to library (pilih gambar peta.wmf) lalu pada menu kanan bawah terdapat bitmap yang kita import kita drag ke objek frame.

4.       Aktifkan layer maping kemudian click rectangle tool (R) pada tools dan buat kotak kecil pada objek kerja(tujuan untuk membuat batasan tampilan peta)

5.      Lalu click kanan pada layer maping pilih maks. Jika di coba dijalankan maka gambar peta yang terlihat hanya kotak kecil yang kira buat. Lalu click window pada menubar pilih libraryàclassic button.drag menu button kesukaanmu pada layer button.

6.      Aktifkan layer maps kunci yang lainnya lalu buat movie clip. Click f8 beri nama mc_maps, pada type pilih movie clip.ok. click 2x gambar peta pada layer maps, maka akan masuk dalam scene 1àmc_maps. Buat layer baru pada mv maps tersebut beri nama hit dan layer kedua map. Pada layer hit buat rectangle tool (R) berukuran sama dengan peta lalu tekan f8 dan beri nama, pada menu type pili button.ok. untuk cek run(ctrl+enter) apakah kursor telah berubah menjadi tangan atau belu.  Click 2x pada button hit tersebut untuk masuk dalam menu button hit.

7.      Click kanan pada linkaran up pilih copy frame dan pastekan pada Bawah hit kemudian hapus titik up. Pada layer hit beri Script berikut ini di Actionnya.
on (press)
{
startDrag (this, false);
        }
on (release)
{
        stopDrag ();
}
Script ini untuk membuat tampilan peta yang dapat di geser kekanan, kiri, atas dan bawah. Lalu kembalilah pada scence 1.
8.      Sekarang kita kan membuat tombol biru dan merah yang kita buat untuk membesarkan dan mengecilkan gambar peta. Actifkan gambar tombol dan pada ation script tulis coding berikut
on (release)
{
        petaku._xscale =petaku._xscale +2;
        petaku._yscale =petaku._yscale +2;
        }
(untuk menambah besar atau zoom peta) kemudian pada tombol yang satunya berikan script yang mirip pada action di atas hanya tanda (+ )diganti (-). Petaku mentukan jenis nama blog yang kamu pilih,
Hasil akhir


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: