Teknik gathering data adalah suatu teknik yang ddigunakan
untuk mengumpulkan dan mengolah data tersebut.
Teknik ini banyak digunakan dalam sebuah perusahaan untuk
melakukan observasi, bisa juga untuk membuat design baru. Cara ini sangat
membantu dalam proses bisnis terutama bagi vendor pembuat jasa atau digital
marketing.
Step-step dilakukan adalah sebagai berikut :
· Interview
Pada
teknik ini sangat bagus untuk mengeksplore sebuah issue.
Bisa
semi-terstruktur atau tidak tersetruktur.
Usahakan juga untuk bertemu dengan stakeholder dan user agar mereka
merasa terlibat dan hasilnya lebih maksimal.
· Focus Group
Fokuslah
kepada group, hal ini bertujuan untuk membangun pandangan konsep yang sama dan
menyoroti wilayah mana yang bermasalah/ berselisih dengan keinginan masyarakat.
· Kuisionare
Bisa
berupa opini dan pertanyaan spesifik untuk jenis pertanyaan yang paling membantu.
· Direct Observation
Observasi
partisipan yang tepat untuk memahami sendiri task dan konteks yang mereka
tampilkan. Kadang obesvasi bisa juga pelatihan yang merekam penemuan mereka dan
melaporkan kembali ke design team. Kadang bisa juga berasal dari team member
· Inderect Observation
Lebih
mengarah ke diary dan interaksi terhadap project yang akan di buat
· Studiying Dokumentation
Bisa menggunakan
manual atau dokumentasi yang lain
· Researching Similar Product
Observasi menggunakan
analisis dari produk yang sama.
Itulah beberapa yang penting yang dapat penulis jelaskan tentang teknik gathering data yang bisa membantu dalam berhubungan dengan klien dan pembuatan design web khususnya. tentusaja masih ada teknik yang lain yang pantas juga dipelajari.
0 comments:
Post a Comment