TAHAPAN WALK CYCLE DENGAN BLENDER BAGI ANIMATOR 3D PEMULA

Dalam melakukan suatu gerakan dalam animasi 3D khususnya walk cycle bagi para pemula mungkin akan menemui banyak kendala. Pasalnya dalam gerakan walk cycle bukanlah hal mudah. Hal ini dikarenakan dalam walk cycle harus menyesuaikan keseinbangan dan agar gerakan lebih selaras baiknya seluruh badan harus bergerak, bukan hanya kakinya saja. 

Sebagai animator pemula satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat walk cycle adalah gerakan paha. Gerakan paha bisa dikatakan sebagai nyawa dari animasi itu agar terlihat hidup, sedangkan untuk standar benar atau tidaknya suatu gerakan walk cycle tidak ada yang bisa dikatakan bahwa yang seperti ini itu yang benar. Kenapa..?? karena ini dunia animasi semua gerakan dapat disesuaikan dengan animasi para animator. Luhat saja gerakan cuplin?kalau orang biasa mungkin tidak ada yang bergerak seperti itu. Dunia animasi adalah adaptasi dari dunia nyata yang di tambahi efek agar bisa memberi efek lebih menegaskan. Namun ada juga gerakan yang ga rasional tapi tetap sah sah saja.

Oke.. malah ngomong kemana mana, tadi sebagai pembuka saja. Untuk animator pemula baiknya membuat gerakan jalan biasa saja dulu untuk memahami basic walk cycle. Ddalam mempelajari gerakan walk cycle  yang perlu di pelajari awalnya adalah geraka kaki dulu. Pelajari suatu gerakan satu satu dulu. Jangan baru belajar berjalan sudah memperhatikan tangannya bagaimana, kepalanya bagaimana, dll. Bayi yang baru berlajar berjalanpun yang diperhatikan pertama adalah kakinya.hehe
Jadi jangan perdulikan yang lalin dulu. Perhatikan kakinya, setelah dikira gerakannya pas baru perhatikan yang lain.setelah menemukan pola pergerakkannya juga perlu diperhatikan timingnya. Jika orang berjalan biasa itu biasanya selang waktu antara kaki naik dan turun hampir sama. Jadi perhatikan juga ya. Jika jalan biasa gunakan saja standar biasa 25-32 frame. Setelah dirasa mahir baru bisa di tambah gerakan misal kesandung dll. Selamat belajar animasi
Salam animator ia,,,
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment