Dalam melakukan suatu gerakan dalam animasi 3D khususnya
walk cycle bagi para pemula mungkin akan menemui banyak kendala. Pasalnya dalam
gerakan walk cycle bukanlah hal mudah. Hal ini dikarenakan dalam walk cycle
harus menyesuaikan keseinbangan dan agar gerakan lebih selaras baiknya seluruh
badan harus bergerak, bukan hanya kakinya saja.
Sebagai animator pemula satu hal yang perlu diperhatikan
dalam membuat walk cycle adalah gerakan paha. Gerakan paha bisa dikatakan
sebagai nyawa dari animasi itu agar terlihat hidup, sedangkan untuk standar
benar atau tidaknya suatu gerakan walk cycle tidak ada yang bisa dikatakan
bahwa yang seperti ini itu yang benar. Kenapa..?? karena ini dunia animasi
semua gerakan dapat disesuaikan dengan animasi para animator. Luhat saja
gerakan cuplin?kalau orang biasa mungkin tidak ada yang bergerak seperti itu.
Dunia animasi adalah adaptasi dari dunia nyata yang di tambahi efek agar bisa
memberi efek lebih menegaskan. Namun ada juga gerakan yang ga rasional tapi
tetap sah sah saja.
Oke.. malah ngomong kemana mana, tadi sebagai pembuka saja. Untuk
animator pemula baiknya membuat gerakan jalan biasa saja dulu untuk memahami
basic walk cycle. Ddalam mempelajari gerakan walk cycle yang perlu di pelajari awalnya adalah geraka
kaki dulu. Pelajari suatu gerakan satu satu dulu. Jangan baru belajar berjalan
sudah memperhatikan tangannya bagaimana, kepalanya bagaimana, dll. Bayi yang
baru berlajar berjalanpun yang diperhatikan pertama adalah kakinya.hehe
Jadi jangan perdulikan yang lalin dulu. Perhatikan kakinya,
setelah dikira gerakannya pas baru perhatikan yang lain.setelah menemukan pola
pergerakkannya juga perlu diperhatikan timingnya. Jika orang berjalan biasa itu
biasanya selang waktu antara kaki naik dan turun hampir sama. Jadi perhatikan
juga ya. Jika jalan biasa gunakan saja standar biasa 25-32 frame. Setelah
dirasa mahir baru bisa di tambah gerakan misal kesandung dll. Selamat belajar
animasi
Salam animator ia,,,
0 comments:
Post a Comment